https://www.facebook.com/tr?id={ 5028187070607316}&ev={standard-event}
Perawatan Wajah

7 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat di Wajah Dengan Bahan Alami

Kecantikanid.com – Jerawat di wajah adalah sesuatu yang sangat mengganggu bagi sebagian orang, apalagi ketika anda bakal menghadiri sebuah acara. Tingkat percaya diri bisa saja turun akibat jerawat yang tumbuh di bagian wajah, meski jerawat tersebut berukuran kecil. Oleh karena itu, saya akan mengulas 10 cara cepat menghilangkan jerawat di wajah dengan bahan alami yang telah teruji khasiatnya.

Banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi jerawat dengan cepat, namun iya tidak mengetahui
jenis kulit yang Ia miliki. Sehingga terkadang malah memperparah kondisi wajah dan jerawat semakin banyak.

Tahukah kamu? setiap jenis kulit memiliki cara yang berbeda untuk menghilangkan jerawat di wajah. Untuk itu kamu harus terlebih dahulu mnegetahui jenis kulit yang kamu miliki, agar tidak menyebabkan semakin berkembangbiaknya jerawat di wajah.

Mengutip dari tinjauan dr. Kevin Adrian jenis kulit terbagi lima yakni, kulit wajah normal kulit wajah kering, kulit wajah berminyak, kulit wajah sensitif dan kulit wajah kombinasi. hal ini disebabkan oleh tiga faktor yakni, kandungan air pada kulit, kandungan minyak dan tingkat kepekaan kulit.

Baca juga: Ini 10 Rahasia Cara Mengatasi Jerawat Di Wajah, Teruji Ampuh!

Ini 10 Cara Menghilangkan Jerawat di Wajah Bahan Alami

Setelah mengetahui jenis kulit yang kamu miliki, akan lebih mudah untuk mencari bahan alami yang cocok untuk menghilangkan jerawat kamu. Berikut adalah bahan alami yang dapat mengatasi jerawat dengan cepat beserta penjelasan jenis kulit yang cocok untuk pengaplikasiannya.

1. Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Masker kopi untuk menghilangkat jerawat di wajah

Sebagian orang bertanya apa benar masker kopi dan minyak zaitun efektif untuk menghilangkan jerawat? jawabannya adalah ya benar. dr. Wulandari dalam penelitian tahun 2019 menjelaskan bahwa, biji kopi memiliki kandungan senyawa polifenol sebesar 0,2% yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk kesehatan kulit wajah.

Kopi juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati, melembabkan dan melembutkan kulit. Penelitian lainnya ialah Suranny dan Wagino (2019) menambahkan, masker dari kopi sangat banyak manfaatnya bagi kulit. Antara lain: mengatasi komedo, mengecilkan pori, mengontrol minyak berlebihan, menghilangkan jerawat dan menghilangkan flek hitam di wajah.

Masker kopi dan minyak zaitun juga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Caranya sangat mudah, campur bubuk kopi dan minyak zaitun dalam satu wadah, kemudian aplikasikan ke wajah secara merata.

Jika tidak ingin repot, kamu dapat membeli masker kopi dan minyak zaitun yang dijual dipasaran. Tapi pastikan untuk membeli masker kopi dan minyak zaitun yang premium dan terjamin keasliannya 100%.

Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat Di Dahi Dengan Menggunakan Tea Tree Oil

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya untuk menghilanhkan bekas jerawat

Kandungan asam salisilat dan sulfur yang terdapat dalam gel lidah buaya terbukti mampu meredakan peradangan kulit dan menghilangkan jerawat di wajah. Berdasarkan publikasi Baylor College of Medicine lidah buaya mengandung antioksidan, vitamin A dan C, enzim, anti-inflamasi, zat antimicroba, serta saponin dan astringent.

Gel lidah buaya juga terbukti cocok untuk semua jenis kulit, apalagi terhadap kulit wajah berminyak. Namun, penggunaan gel lidah buaya tidak disarankan untuk kulit tipis dan sensitif, karena bisa saja menimbulkan alergi dan iritasi.

Cara pengaplikasiannya sangat mudah, kamu tinggal mengorek gel lidah buaya dan oleskan pada wajah. Tunggu hingga gel tersebut meresap ke dalam pori-pori dan bilas dengan air hangat. Kamu juga dapat mencampur lidah buaya dengan bahan lain, seperti kunyit atau madu.

3. Madu

Madu dan cara menghilangkan jerawat di wajah

Ketika membahas tentang madu banyak orang yang terlintas dalam benaknya apakah ini madu asli atau palsu. Tahukah kamu jika dalam campuran madu palsu masih terkandung madu, walaupun hanya 50% itu sebenarnya sudah cukup untuk obat ataupun perawatan wajah. Jadi kamu tidak perlu bimbang atau ragu-ragu dalam memilih madu, produk yang beredar dipasaran juga bisa digunakan.

Madu juga cocok untuk semua jenis kulit wajah termasuk kulit sensitif, karena mengandung antioksidan dan antimicroba. Namun, untuk jenis kulit wajah berminyak disarankan agar tidak terlalu sering mengoleskan madu.

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat di wajah dengan madu?

Caranya sangat mudah, kamu tinggal oleskan madu ke wajah dan biarkan 10 sampai 15 menit, setelah itu bilas dengan air. kamu juga dapat mencampur madu dengan bahan lain seperti kopi dan alpukat. cukup dengan waktu satu minggu jerawat akan hilang.

4. Masker Oatmeal dan Madu

Masker oatmeal untuk menghilangkan jerawat

Oatmeal adalah gandum olahan dan biasa dikonsumsi untuk sarapan pagi, oatmeal juga kaya akan zat besi serta omega 3. Tapi tahukah kamu kalau ternyata zat dan nutrisi yang terdapat dalam oatmeal itu juga mampu menghilangkan jerawat. Semangkuk kecil oatmeal mentah juga terbukti mampu menyerap minyak berlebih pada wajah.

Langkah-langkah untuk mengaplikasikan masker oatmeal dan madu ini sangatlah mudah.

  • Masak satu sendok makan oatmeal tawar
  • Dinginkan, lalu campur dengan 1 sendok makan madu
  • oleskan secara merata di wajah
  • lalu bilas dengan air hangat

Masker oatmeal dan madu ini tidak disarankan untuk kulit wajah kering, tetap coba terlebih dahulu kebagian punggung tangan agar lebih aman.

5. Air Perasan Lemon

Perasan air lemon

Umumnya jerawat yang timbul di kulit wajah mengandung kadar pH yang terlalu basa yakni lebih dari 7. Nah, peran dan fungsi lemon atau jeruk nipis adalah untuk menyetabilkan kadar pH pada kulit. Perasan air lemon yang mengandung antimikroba terbukti mampu membunuh bakteri penyebab jerawat yakni Propionibacterium acnes.

Adapun cara menggunakannya untuk menghilangkan jerawat di wajah adalah dengan mengusapkan perasan lemon menggunakan kapas steril. Kemudian biarkan selama 15 menit, setelah itu bilaslah dengan menggunakan air hangat dengan cara menepuk-nepuk. Air perasan lemon juga cocok untuk semua jenis kulit, namun kamu harus lebih rajin menggunakannya untuk hasil yang maksimal.

6. Masker Alpukat

Masker alpukat

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dr. Karen Hammerman dari Schweiger Dermatology Group di Amerika Serikat, alpukat berkhasiat untuk menangkal radikal bebas. Alpukat juga memperbanyak produksi kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan wajah.

kamu dapat mencampur alpukat dengan bahan alami lainnya untuk hasil yang lebih maksimal. Masker alpukat juga sangat berkhasiat dan manjur untuk kulit wajah kering. Cara mengaplikasikan masker alpukat sanagat mudah, cukup potong buah alpukat kemudian hancurkan hingga lembut.

7. Kunyit

Kunyit

Senyawa aktif yang bernama kurkumin terbukti mampu mengobati peradangan, serta banyak manfaat lain. kurkumin juga dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, jadi kunyit sangat efektif dalam menghilangkan jerawat. Kunyit yang telah dijadikan masker juga sangat cocok untuk semua jenis kulit tanpa terkecuali.

Namun, mengaplikasikan kunyit hingga siap pakai cukup repot, sebab kamu harus mengeringkan dan menggilingnya hingga halus. Setelah itu lalu campurkan dengan air dan oleskan secara merata ke bagian wajah

Tadi itu adalah 7 bahan alami dan cara menghilangkan jerawat di wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Tipsnya adalah tetap berolahraga untuk memperlancar peredaran darah agar jerawat menjauh dari kamu. Untuk memastikan bahan tersebut aman bagi kulit kamu coba terlebih dahulu ke bagian punggung tangan atau belakang telingga. Jika terjadi iritasi hentikan penggunaan dna segera konsultasi ke dokter.

 

Editor: Khirun Nisa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Translate ยป