https://www.facebook.com/tr?id={ 5028187070607316}&ev={standard-event}
Perawatan Wajah

7 Cara Efektif Mengatasi Bruntusan di Wajah dengan Bahan Alami

Kecantikanid.com – Membahas tentang jerawat tidak akan ada habisnya, sebab keberadaannya mengganggu penampilan dan membuat risih. Apalagi jika yang muncul adalah jerawat pasir atau bruntusan, jumlahnya yang banyak sering membuat hilangnya percaya diri. Padahal ada banyak cara efektif untuk mengatasi jerawat pasir atau bruntusan di wajah, cukup dengan bahan alami yang tidak memerlukan banyak biaya.

Sebagian besar orang ingin wajahnya halus, berseri dan glowing namun dengan cara yang instan. Tahukah kamu bahwa perawatan wajah itu tidak ada yang instan, bahkan terapi laser sekalipun butuh waktu beberapa hari untuk penyembuhannya.

Padahal jika kamu sedikit bersabar untuk melakukan perawatan wajah, semua nutrisi dalam bahan alami cukup untuk membuat wajah glowing. Lalu kenapa harus membayar mahal untuk hasil yang lebih maksimal dan dengan resiko lebih kecil dibanding bahan kimia.

Ini Cara dan Bahan Alami Untuk Mengatasi Bruntusan di Wajah

Ada 7 bahan alami yang telah di uji sangat efektif untuk menghilangkan jerawat pasir atau bruntusan di wajah. Bahan-bahan ini akan kita bahas sesuai dengan kondisi kulit yang kamu miliki serta penyebab tumbuhnya bruntusan di wajah kamu.

Baca juga: Ini 10 Rahasia Cara Mengatasi Jerawat Di Wajah, Teruji Ampuh!

Sebelum kita membahas 7 cara mengatasi jerawat pasir atau bruntusan yang tumbuh di area wajah kamu harus tahu terlebih dahulu lima jenis kulit. Mengutip dari data publikasi dr Kevin Adrian ada lima jenis kulit wajah, yaitu kulit wajah normal, berminyak, sensitif, kering dan kulit wajah kombinasi.

Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Cara mengatasi bruntusan di wajah
Scrub masker kopi dan minyak zaitun

Penggabungan antara kopi dan minyak zaitun merupakan kombinasi yang sempurna untuk perawatan wajah. cara mengatasi bruntusan di wajah dengan kopi dan minyak zaitun ini sudah di praktikan sejak zaman dahulu.

Berdasarkan data publikasi dr Anna di University of California, San Francisco Amerika Serikat, kafein yang terdapat dalam kopi ternyata berfungsi sebagai anti oksidan dan anti-aging. Zat ini kafein mampu mengangkat sel kulit mati yang membuat wajah kusam. Ternyata kafein menjadi salah satu bahan baku yang banyak terdapat dalam skincare-skincare terkenal.

Baca juga: Ini 7 Cara Mengatasi Jerawat Di Punggung, Nomor 4 Paling Ampuh!

Masker kopi dengan minyak zaitun mampu menyesuaikan diri terhadap segala jenis kulit, karena pH yang terkandung di dalamnya cukup stabil. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, kamu cukup campurkan kopi dan minyak zaitun dengan takaran 1:1. gunakan kopi robusta dan minyak zaitun extra virin oil terbaik untuk hasil yang lebih maksimal.

Penggunaan masker ini bisa kamu lakukan 2-3 kali dalam seminggu, tergantung ketahan kulit. Pemakaian pertama, gunakan masker kopi sebagai scrub, untuk pemakaian selanjutnya cukup oleskan saja. Jangan gunakan air dingin untuk membilas wajah setelah menggunakan masker kopi dan minyak zaitun.

Masker Lidah Buaya

Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya bukan hal yang baru sebagai obat jerawat, tumbuhan ini selalu menjadi penawaran pada kebanyakan pelanggan Spa. Kandungan lidah buaya meliputi kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, natrium, zinc, folat, antioksidan, vitamin A, B, C, dan E. Selain itu, aloe vera juga mengandung beberapa enzim dan asam amino esensial.

Semua yang terkandung dalam tumbuhan ini memiliki manfaat untuk perawatan kulit wajah, terutama kulit wajah kering dan berminyak. Hanya butuh waktu 5 menit unuk membuat masker lidah buaya, caranya potong lidah buaya dan tiriskan jel menggunakan sendok.

gunakan masker lidah buaya setiap hari, hari ketiga kamu sudah bisa merasakan hasilnya.

Minyak Kacang Almond

minyak almond
Esensial Oil Almond

Kacang almond adalah tumbuhan dengan kandungan zinc dan vitamin E yang tinggi serta filtosterol. Bahan-bahan ini yang membuat minyak kacang almond sangat baik untu mengatasi masalah di wajah. Serta sifat pelembut yang terdapat didalamnya mampu memperbaiki terkstur kulit wajah.

Minyak kacang almond sangat baik untuk jenis kulit kering, berminyak dan normal. Namun sedikit berbahay untuk kulit yang sensitif terhadap kacang-kacangan. Kamu cukup oleskan satu hingga dua tetes minyak almond pada wajah, lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Minyak Esensial Lavender

cara mengatasi bruntusan di wajah sensitif
Lavender Oil

Belakangan ini sedang trend esensial oil untuk perawatan wajah, salah satunya ialah minyak lavender. Minyak lavender terbukti mampu mengobati jerawat dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegahnya balik lagi.
Tenang, cara mengatasi jerawat pasir atau bruntusan di wajah dengan esensial oil lavender ini cukup mudah. Untuk memaksimalkannya kamu dapat memcampur dengan minyak carrier (minyak pembawa) seperti minyak almond atau minyak kelapa. Esensial lavender oil ini juga cocok untuk semua jenis kulit, sebab memiliki tinggat pH yang stabil.

Esensial Oil Peppermint

Peppermint Oil Esential

Satu lagi esensial yang banyak digandrungi masyarakat sebagai obat jerawat, yaitu peppermint oil. Minyak esensial ini dapat menenangkan wajah sehingga membuat kulit wajah lebih halus dan lembut serta mengatasi iritasi. Peppermint oil juga terbukti mampu menangkal radikal bebas akibat paparan sinar UV.

Peppermint oil esensial sangat cocok untuk mengatasi jerawat pada kulit berminyak dan kering, untuk kulit wajah sensitif sebaiknya menggunakan saran dokter. Cara penggunaannya sama seperti minyak lavender, jadi kamu juga dapat mencampurnya dengan minyak pembawa (carrier oil)

Baca juga: Cara Cepat Mengatasi Jerawat Bruntusan di Dahi Akibat Skincare

Masker Madu dan Alpukat

Alpukat dan madu

Kombinasi buah alpukat dan madu merupakan campuran bahan yang sangat baik sebagai masker perawatan wajah. Masker alpukat dan madu ini sangat cocok untuk kulit wajah kering dan kusam, karena sejatinya alpukat adalah pelembab.

Cara membuatnya adalah keluarkan isi buah alpukat, lalu tekan hingga benyek di dalam sebuah wadah setelah itu campurkan madu. Kamu dapat menggunakan masker ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Kunyit dan Madu

Kunyit dan madu

Bahan aktif utama yang terkandung dalam kunyit bernama kurkumin dapat meringankan perdangan yang disebabkan oleh jerawat. Sifat anti imflamasi dari kunyit juga mampu membersihkan sel kulit mati yang terperangkap di pori-pori wajah. Campuran antara kunyit dan madu akan memberikan hasil yang lebih maksimal untuk memberantasan bakteri penyebab jerawat.

Masker kunyit dan madu cocok untuk kulit wajah kering, sebab kandungan yang terdapat pada madu mampu melembabkan dan mengembalikan elastisitas kulit. Caranya cukup mudah, giling dan keringkan kunyit, lalu campurkan dengan madu. Kamu dapat mencampur kedua bahan tersebut dengan takaran 2:1 untuk jumlah madu yang lebih besar.

Sekarang kamu tinggal aplikasikan salah satu cara mengatasi jerawat pasir atau bruntusan di wajah ini. Tidak perlu menunggu waktu lama, cukup satu minggu wajah kamu sudah merasakan perubah yang drastis. Jangan lupa bagikan tips ini ke teman-teman kamu agar semakin banyak anak Indonesia yang cantik.

 

Editor: Khairun Nisa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Translate »