https://www.facebook.com/tr?id={ 5028187070607316}&ev={standard-event}
Perawatan Wajah

Cara Cepat Mengatasi Jerawat Bruntusan di Dahi Akibat Skincare

Kecantikanid.com – Untuk mewujudkan wajah yang glowing berbagai carapun ditempuh, termasuk menggunakan skincare yang sebenarnya tidak cocok pada wajah. Hal ini yang sering menimbul jerawat bruntusan teruma pada area dahi atau jidat. Maka dari itu kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi jerawat bruntusan di dahi akibat skincare.

Jerawat bruntusan dalam bahasa medis biasa disebut closed comedones acne atau whitehead. Faktor utama penyebab munculnya jerawat ini adalah tekanan pada pori-pori wajah secara berlebihan yang mengakibatkan iritasi. Hal itu biasa disebabkan oleh perlengkapan olahraga, bantal, handuk, bandana atau benda lain yang penuh bakteri.

Penyebab lain bruntusan adalah penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati dan bakteri. Pori-pori merupakan jalur keluarnya minyak wajah, maka jika tersumbat oleh kulit mati maka akan menghasilkan minyak berlebih. Inilah yang menyebabkan munculnya jerawat dalam jumlah banyak dan biasa bersarang pada area dahi atau pipi.

Baca juga: Ini 10 Rahasia Cara Mengatasi Jerawat Di Wajah, Teruji Ampuh!

Nah, skincare umumnya berguna untuk menghilangkan jerawat serta sebagai bahan untuk perawatan kulit wajah. Namun, pengguna skincare terhadap kulit yang tidak sesuai malah bisa menimbulkan masalah baru. Untuk itu pentingnya pengetahuan terhadap kulit wajah yang kita miliki agar tidak salah dalam memilih skincare.

Cara Mengatasi Jerawat Bruntusan dengan Cepat dan Alami

Kesimpulan dari kenapa skincare dapat menyebabkan jerawat adalah, karena tidak sesuainya kulit wajah terhadap bahan baku skincare. Penyebab lainnya adalah haid, mengkomsumsi obat-obatan, gaya hidup tidak sehat dan kebersihan diri. Hal ini dapat menjadi tolak ukur kita dalam mengatasi bruntusan di dahi.

Berikut adalah penjelasan cara mengatasi jerawat bruntusan di dahi akibat skincare sesuai dengan keadaan anda.

Baca juga: Cara Cepat Dan Ampuh Menghilangkan Jerawat Batu Di Wajah

1. Masker Lidah Buaya

Cara mengatasi jerawat bruntusan
Cara mengatasi jerawat menggunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman dengan segudang manfaat, kandungan antimikroba yang terdapat didalamnya membuat tumbuhan ini jadi salah satu obat jerawat. Caranya sangat mudah, kamu tinggal korek gel yang ada di dalam lidah buaya. Lalu oleskan gel tersebut ke bagian wajah yang berjerawat dan tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara ini efektif untuk mengatasi jerawat bruntusan di kulit wajah yang kering dan berminyak. Untuk kulit wajah sensitif mungkin akan terasa sedikit gatal, maka kamu harus mencobanya terlebih dahulu di area tangan agar aman. Pastikan juga handuk yang kamu gunakan bersih dan tidak bekas skincare penyebab jerawat tadi.

2. Masker Kopi dan Minyak Zaitun

Masker kopi untuk menghilangkat jerawat di wajah
Masker kopi

Kandungan chlorogenic acid bersifat anti-bakteri dan anti-peradangan dalam kopi, sehingga bakteri yang timbul akibat skincare tidak lagi menetap pada wajah. Kopi yang juga bersifat asam yaitu dengan pH 5 sangat baik untuk melebabkan segala jenis kulit wajah. Antioksidan yang terdapat dalam kopi mampu menangkal radikal bebas dan sinar ultraviolet (UV). Jadi tanaman kopi ini sangat baik untuk mengatasi jerawat bruntusan di wajah terutama bagian dahi atau jidat.

Masker kopi dan minyak zaitun juga dapat menghilangkan mata panda, sebab kandungan kafein yang terdapat dalam kopi mampu memperlebar pembuluh darah. Aliran darah yang sehat mempengaruhi kualitas kulit wajah sehingga lebih kencang dan kenyal. Minyak zaitun sendiri adalah bahan alami terbaik untuk melembabkan kulit wajah.

Kamu bisa mencampurkan bubuk kopi alami dan minyak zaitun dengan takaran 1:1. Kemudian oleskan secara merata keseluruh kulit wajah, tunggu hingga 15 menit dan bilas dengan air hangat atau sabun. Gunakan dua kali dalam seminggu dan jerawat akan menghilang serta tidak kembali lagi.

3. Masker Putih Telur

cara mengatasi jerawat
Putih telur

Penggunaan masker putih telur mampu membantu mengaktifkan ekspoliasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang menuti pori-pori. Protein bernama albumin yang terdapat dalam putih telur juga mampu mengencangkan kulit wajah kamu. Masker putih telur juga menjadi bahan favorit untuk menghilangkan bruntusan di wajah atau dahi.

Cara mengatasi jerawat bruntusan di wajah dengan masker putih telur ini poluler karena terbukti mengangkat sel kulit mati akibat tertutup minyak, skincare, makeup dan lain-lain. Cukup pisahkan putih telur dari kuningnya lalu oleskan di wajah. Lakukan secara rutin tiap hari agar mendapat hasil yang maksimal.

4. Minyak Kacang Almond

minyak almond
Almond Oil

Minyak kacang almond yang mengandung vitamin A, K, E, asam lemak omega 3 dan zinc terbukti sangat efektif untuk mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat. Semua kebutuhan vitamin dan zat untuk menghilangkan jerawat terdapat dalam kacang almond. Sayangnya minyak ini cukup mahal, dan sulit untuk diproduksi sendiri.

Kacang almond memang sangat baik, namun sangat tidak dianjurkan untuk kamu yang alergi terhadap kacang-kacangan. Minyak ini cocok untuk semua kulit kecuali kamu yang sensitif terhadap kacang almond.

5. Terapi Laser untuk Mengatasi Jerawat Bruntusan

Laser wajah

Cara mengatasi jerawat atau bruntusan di area wajah khususnya dahi dengan terapi laser juga sangat populer belakangan ini di kalangan ibu-ibu arisan. Tips ini sebenarnya penuh dengan resiko, namun jika berada pada dokter ahli kulit yang tepat mungkin cukup aman.

Terapi laser untuk mengatasi jerawat atau bruntusan juga cukup efektif. Namun memiliki resiko yang tinggi terhadap wajah. Contoh setelah menggunakan terapi laser, wajah tidak boleh terkena sinar UV secara langsung. Jadi sebaiknya gunakan bahan alami dalam merawat wajah, ingat efektifitas dan hasil dari bahan alami dapat melebihi bahan kimia.

Setelah membaca tulisan ini secara lengkap kamu sudah tahu cara bagaimana mengatasi jerawat pasir atau beruntusan di wajah termasuk dahi dan pipi akibat skincare.

Semua tips yang telah dijabarkan tidak akan berjalan lancar jika kamu tidak menjaga kebersihan. Kebersihan yang harus dijaga seperti sarung bantal, handuk, tangan dan lain-lain. Selamat mencoba dan tetap berolahraga untuk melancarkan sirkulasi darah.

 

Editor: Khairun Nisa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Translate »