https://www.facebook.com/tr?id={ 5028187070607316}&ev={standard-event}
Perawatan Wajah

Cuka Apel Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi

Kecantikanid.com – Cuka apel merupakan sari patih dari apel yang menggunakan ragi dan bakteri lain. Proses fermentasi ini menghasilkan zat cuka yang disebut asam asetat. Asam asetat sendiri merupakan senyawa yang diketahui memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Oleh karena itu cuka apel adalah bahan alami yang sangat cocok untuk menjadi cara menghilangkan jerawat di dahi

Kandungan pada cuka pada umumnya dapat membantu mengatasi beberapa jenis bakteri dan virus. Serta cuka juga telah terbukti dapat menangani bakteri sampai dengan 90% dan 95% untuk jenis bakteri tertentu.

Sementara itu, penyebab terjadinya jerawat adalah karena tersumbatnya pori-pori oleh bakteri, berlebihnya minyak pada wajah, serta penumpukan sel kulit mati. Hal ini lah yang menjadikan cuka apel dapat sangat efektif untuk di jadikan sebagai cara menghilangkan jerawat di dahi.

Selain kaya dengan asam asetatnya, cuka apel juga mempunyai kandungan asam sitrat, asam laktat, malat, dan suksinat. Kandungan-kandungan tersebut telah terbukti ampuh menbunuh bakteri Propionibacterium acne  penyebab jerawat.

Baca Juga : Ternyata Ini 10 Cara Mengatasi Jerawat di Dahi, Dijamin Ampuh!

Cuka Apel Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi

cara menghilangkan jerawat di dahi
Cuka Apel

Selain mempunyai senyawa yang bersifat anti-akteri, cuka apel juga mempunyai kandungan antioksidan yang dapat mengurangi munculnya jerawat di dahi. Karena sifat yang dimiliki oleh antioksidan yaitu dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas yang berguna sebagai cara menghilangkan jerawat di dahi.

Anti oksidan adalah zat yang paling penting untuk mengatasi jerawat akibat radikal bebas  yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Serta antioksidan yang terdapat pada cuka apel juga mampu memberikan perlindungan pada kulit dengan mencegah masuknya racun-racun ke lapisan kulit terluar.

Peryataan ini telah terbukti melalui penelitian dari jurnal Advances in wound care Advances in Wound Care. Bahwa antioksidan di dalam cuka dapat membantu mengatasi kulit yang gampang berjerawat akibat dari kerusakan oksidatif.

Cara Pengaplikasian Cuka Apel

Agar tidak salah dalam cara pengaplikasian cuka apel sebagai cara menghilangkan jerawat di dahi, di sini kami berikan rangkumanya sebagai berikut.

  1. Untuk menghindari terjadinya alergi terhadap cuka apel, ada baiknya terlebih dahulu mencoba ke bagian kulit lainnya. Apabila mengalami iritasi maka ada baiknya tidak mengaplikasikannya ke wajah kalian.
  2. Namun sebaliknya apabila tidak terjadi iritasi atau kemerahan, kalian dapat langsung mengaplikasikannya ke bagian dahi yang terdapat jerawat.
  3. Campurkan cuka apel dan air dengan menggunakan perbandingan 1:4. Namun apabila kalian memiliki kulit yang sensitive, kalian bisa menambahkan lebih banyak air di dalamnya.
  4. Setelah cuka apel dan air telah tercampur dengan rata, lalu oleskan dengan menggunakan kapas kebiagian wajah yang terdapat jerawat.
  5. Lalu kalian dapat membiarkan campuran cuka apel selama 5 sampai dengan 15 menit. Perlu di ingat jangan membiarkannya terlalu lama, karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
  6. Setelah selesai kalian dapat membilas campuran cuka apel dengan menggunakan air bersih lalu bersihkan dengan menggunakan handuk. Pastikan tidak terdapat sisa cuka apel di wajah kalian.
  7. Kemudian kalian dapat mengoleskan pelembab guna menjaga kulit kalian agar tetap lembap.
  8. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian dapat mengulangi langkah-langkah di atas 1 sampai dengan 3 kali seminggu.

Baca Juga : Ini 10 Rahasia Cara Mengatasi Jerawat di Wajah, Teruji Ampuh!

Efek Samping Dari Penggunaan Cuka Apel

Walaupun cuka apel terlihat aman di pakai, bukan berarti tidak memiliki efek samping ketika di gunakan pada kulit. Cara pengaplikasian yang salah ternyata dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi dan merasa sensasi seperti terbakar pada kulit. Asam asetat yang berlebih dapat menghasilkan asetat glasial yang mengakibatkan luka pada bagian kulit.

Oleh karena itu, kalian harus selalu memperhatikan kandungan yang berasal dari bahan-bahan alami sebelum kalian menggunakannya sebagai cara menghilangkan jerawat di dahi

Untuk menjaga agar kulit kalian tetap sehat selama penerapan cara di atas, hindari pemakaian yang berlebihan pada kulit. Apabila terjadi gejala iritasi yang berlebih kalian dapat konsultasi ke dokter.

Editor : Khairun Nisa

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Translate »