https://www.facebook.com/tr?id={ 5028187070607316}&ev={standard-event}
Perawatan Wajah

Ternyata Ini 10 Cara Mengatasi Jerawat di Dahi, Dijamin Ampuh!

Kecantikanid.com – Jerawat tidak hanya muncul di pipi atau di dagu, namun jerawat juga bisa muncul di dahi. Sebagian orang bahkan sering mengalami munculnya jerawat di dahi meskipun di daerah lain tidak berjerawat. Nah, untuk mengatasi masalah ini, kita juga harus tau penyebab dan cara mengatasi jerawat di dahi.

Timbulnya jerawat di dahi merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap orang apalagi dikalangan remaja. Hal ini  terjadi karena perubahan hormon yang mempengaruhi keseluruhan kondisi tubuh. Perubahan hormon yang terjadi pada saat remaja juga akan mempengaruhi produksi minyak berlebih di wajah.

Penyebab Jerawat Bisa Muncul di Dahi

Sebelum membahas cara mengatasi jerawat di dahi, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Salah satu penyebab timbulnya jerawat di dahi adalah berlebihnya produksi minyak di wajah. Hal itu terjadi karena adanya perubahan hormon, stres dan penggunaan obat yang berlebihan pada wajah. Selain itu, banyak hal yang menurut kita sepele ternyata bisa memicu timbulnya jerawat.

1. Terlalu Sering Menyentuh Bagian Dahi

Cara mengatasi jerawat di dahi
Terlalu Sering Menyentuh Wajah

 

Jerawat di dahi bisa muncul karena terlalu seringnya menyentuh daerah dahi, tanpa membersihkan tangan terlebih dahulu. Padahal tanpa kita sadari tangan kita bisa saja terdapat minyak atau bakteri yang dapat masuk ke dalam pori-pori. Inilah penyebab yang membuat jerawat muncul di dahi.

2. Kotornya Bagian Rambut

Cara mengatasi jerawat di dahi
Rambut Yang Kotor

 

Salah satu penyebab munculnya jerawat di dahi bisa dikarenakan kondisi rambut yang kotor. Jika kamu memiliki rambut berponi yang kotor, berminyak dan juga jarang dicuci, ini menjadi penyebab kotoran itu menempel pada dahi. Hal ini juga mengakibat tersumbatnya pori-pori kulit sehingga munculnya jerawat di dahi tidak bisa di hindari.

Baca Juga: Ini 10 Cara Rahasia Mengatasi Jerawat di Wajah, Teruji Ampuh!

3. Pemakaian Prodak Rambut yang Berlebihan

Taukah kamu, jika kita menggunakan produk rambut yang tidak sesuai dengan kulit dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Karena banyak dari produk rambut yang mengandung minyak seperti gel rambut, wax, pomade, dan masih banyak lagi prouk rambut lainnya. Produk-produk tersebut umumnya mengandung minyak kelapa yang mengakibatkan kulit kepala dan dahi semakin berminyak sehingga akan memudahkan jerawat berkembangbiak.

Cara Mengatasi Jerawat di Dahi

Nah, setelah kita mengetahui penyebab dari munculnya jerawat di dahi. Kemudian disini kami merangkum beberapa cara perawatan wajah serta mengatasi jerawat di dahi. Berikut adalah cara-caranya:

1. Mengompres Wajah dengan Air Hangat

Cara mengatasi jerawat di dahi
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Dengan Mengompres Wajah

Mengompres area dahi yang terdapat jerawat dengan menggunakan air hangat bisa menjadi cara alternatif untuk menghilangkan jerawat. Cara ini dapat meredakan rasa nyeri yang diakibatkan oleh jerawat di dahi. Kamu bisa memakai kain atau handuk bersih yang sebelumnya dibasahi menggunakan air hangat.  Kemudian, letakan di bagian dahi yang terdapat jerawat dan biarkan selama 15 sampai dengan 20 menit dan lakukan sebanyak tiga kali sehari, terutama sebelum tidur.

2. Jangan Sesekali Memencet Jerawat

Cara mengatasi jerawat di dahi
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Dengan Jangan Memencet Jerawat

Walaupun sering dikatakan dapat menghilangkan jerawat di dahi dengan cepat, ternyata memencet jerawat justru akan memperparah kondisi jerawat yang mengakibatkan iritasi. Selain itu kamu juga sangat tidak dianjurkan untuk terlalu sering menyentuh jerawat yang terdapat di dahi, yang dapat mengakibatkan pecahnya jerawat sehinggga meninggalkan bercak itam pada kulit.

3. Menggunakan Masker Kopi

Cara mengatasi jerawat di dahi
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Menggunakan Masker Kopi

Kopi dikenal banyak memiliki manfaat karena terdapat sumber antioksidan yang dapat membantu mencegah timbulnya jerawat pada dahi. Kopi juga memiliki kandungan zat chlorogenic acid yang dapat menghilangkan bengkak dan membunuh bakteri.

Cara pengaplikasiannya ke wajah ialah dengan mencampurkan bubuk kopi dan minyak zaitun, kemudian oleskan ke bagian wajah menggunakan kuas. Lalu diamkan selama 10 sampai 15 menit, apabila sudah selesai maka bilas menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu dapat mengulanginya sebanyak 2 kali dalam 1 minggu, dan maksimal 3 kali dalam seminggu.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Cara mengatasi jerawat di dahi
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Menggunakan Lidah Buaya

Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya ini terkenal mengandung zat-zat yang dapat menghilangkan jerawat seperti cinnamomic, asam salisilat, acid, fenol sehingga dapat menghambat bakteri yang berpotensi menimbulkan jerawat.

Untuk mendapatkan khasiat terbaik, oleskan lidah buaya yang masih baru ke dahi yang terdapat jerawat. Setelah itu, biarkan beberapa saat sampai lidah buaya benar-benar meresap ke pori-pori. Ulangi cara ini sebanyak 1 sampai 2 kali dalam satu hari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

5. Menggunakan Cuka Apel

Cara mengatasi jerawat di dahi
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Menggunakan Cuka Apel

Pada dasarnya cuka apel mengandung zat seperti asam organik, yang dikenal ampuh untuk mengatasi bakteri yang berpotensi untuk menimbulkan jerawat. Serta dapat membantu mengurangi produksi minyak yang berlebih di wajah.

Cara mengaplikasikan cuka apel untuk membantu menghilangkan jerawat pada dahi ialah dengan mencampurkan ¼ larutan cuka apel dengan ¾ air. Kemudian, kamu dapat mengoleskan cairan tersebut kebagian yang terdapat jerawat dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 5 sampai 20 detik. Setelah itu, kamu dapat membilas larutan tersebut menggunakan air hangat lalu keringkan. Lakukan langkah ini sebanyak 1 sampai 2 kali dalam 1 hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

6. Menggunakan Tea Tree Oil

Cara mengatasi jerawat di dahi
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Menggunakan Tea Tree Oil

Baru-baru ini, tea tree oil sedang ramai dibicarakan karena khasiatnya yang dikatakan dapat menghilangkan jerawat. Tea tree oil ini adalah minyak atsiri esensial yang berasal dari tanaman Melaleuca Alternifolia yang berasal dari Australia. Clinical Microbiology reviews melalui studinya mengatakan bahwa, tea tree oil dapat mengatasi p.acnes dan s.epidermidis, ini adalah 2 bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

cara menggunkannya ialah dengan mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air, kemudian oleskan cairan tersebut ke area dahi yang terdapat jerawat. Biarkan cairan tersebut sampai meresap, setelah itu ulangi cara ini 1 sampai 2 kali dalam 1 hari.

7. Menggunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Cara mengatasi jerawat di dahi
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Menggunakan Lemon Atau Jeruk Nipis

Pada dasarnya jerawat akan muncul di kulit yang mengandung kadar pH yang terlalu basah. Maka lemon dan jeruk nipis inilah yang akan berfungsi untuk menyetabilkan kadar pH pada kulit. Adapun cara pengaplikasiannya dengan mengusapkan perasan lemon atau jeruk nipis menggunakan kapas steril kebagian dahi yang terdapat jerawat. Kemudian biarkan selama 15 menit, setelah itu bilaslah dengan menggunakan air hangat.

8. Menggunakan Ekstrak Teh Hijau

Cara mengatasi jerawat di dahi
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Menggunakan Ekstrak Teh Hijau

Ternyata ekstrak teh hijau juga merupakan alternatif yang baik untuk membantu menghilangkan jerawat pada dahi. karena terdapat antioksidan yang tinggi di dalamnya sehingga dapat membantu mengurangi bakteri yang masuk ke pori-pori wajah.

Cara pengaplikasiannya tergolong mudah, kita hanya perlu melarutkan ekstrak tek hijau dengan air, kemudian mengoleskannya ke bagian dahi yang terdapat jerawat. Kamu juga bisa menggunakan kantung teh hijau yang sudah direndam menggunakan air hangat, kemudian mengompreskannya ke dahi yang berjerawat.

9. Menggunakan Minyak Almond

Cara mengatasi jerawat di dahi
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Menggunakan Minyak Almond

Ternyata minyak yang satu ini memiliki kandungan yang dapat membantu menghilangkan jerawat pada dahi. Minyak almod mengandung asam lemak yang cukup banyak, zat inilah yang menjadi pelarut sumbatan pada pori-pori. Karena itu, kamu dapat menggunakan minyak yang satu ini secara terus menerus untuk membantu menghilangkan jerawat.

Cara pemakaiannya sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak almond kebagian dahi yang terdapat jerawat. Kemudian biarkan beberapa saat sampai minyak almod benar-benar meresap ke pori-pori. Tetapi perlu di perhatikan, bagi kamu yang mempunyai alergi kacang , sangat tidak dianjurkan untuk memakai minyak yang satu ini.

10. Menggunakan Minyak Alpukat

Masker aplpukat untuk mengatasi jerawat
Cara Mengatasi Jerawat di Dahi Menggunakan Minyak Alpukat

Kandungan vitamin E yang tinggi pada alpukat ternyata dapat membantu menghilangkan jerawat pada dahi. Buah alpukat ternyata dikenal dapat meresap sampai ke pori-pori kulit sehingga dapat membantu mengurangi munculnya jerawat pada dahi.

Cara pemakaianya sama halnya dengan minyak almod, yaitu dengan mengoleskan langsung ke dahi yang terdapat jerawat. Sebelumnya perlu kita perhatikan bahwa kamu harus sudah mencuci tangan dan wajah terlebih dahulu. Apabila wajah kamu tipe yang berminyak maka bisa memakai air hangat untuk mencucinya.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi jerawat  yang muncul pada dahi. Untuk menghindari jerawat muncul pada dahi, kamu dapat menerapkan beberapa cara yang sudah kami sebutkan di atas. Hindari dan lakukan beberapa tips di atas sesering mungkin, untuk menghindari munculnya jerawat di dahi.

Editor: Khairun Nisa

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Translate »